Muhammad Marzuqi

update algoritma google 2020

Table of Contents

Google Update Algoritma; Apa yang Baru?

Senin 13 Januari 2020 lalu, Google secara resmi mengumumkan update Algoritma baru melalui akun Twitternya.

Ini merupakan update algoritma lanjutan dari update pada September 2019 yang lalu. Pada update 2019 kemarin, tidak ada efek (baik/buruk) yang signifikan di beberapa web saya.

Namun, pada update kali ini terasa banget bedanya. Meskipun update-nya belum selesai sepenuhnya. Google bilang, update kali ini butuh waktu sekitar 2 minggu.

perubahan traffic setelah Google update algoritma pada Januari 2020
perubahan traffic setelah Google update algoritma pada Januari 2020

Nah, dua screenshot di atas adalah dua web saya yang ada perubahan signifikan, sedangkan yang lainnya masih stuck.

Sebenarnya tidak ada suatu yang baru pada update kali ini. Lagi dan lagi Google masih fokus pada kualitas konten sebagai parameter.

Jika setelah update kemarin website kamu traffic nya terjun bebas. Coba kamu cek beberapa poin di bawah ini, siapa tau masalahnya ada disini. Karena poin update nya ada di bawah ini.

Apakah konten kamu original? Baik itu konten informasi, riset, analisa atau reportase

Original yang dimaksud disini (menurut saya) adalah sesuatu yang baru, setidaknya dari sudut pandang yang baru. Bukan dari hasil CPED (Copy, Paste, Edit, Dikit) BUKAN!

AI Google sekarang sudah semakin canggih, Google punya yang namanya Google NLP (Natural Languange Program) yang tugasnya menganalisa isi konten. Kalau ada waktu dan ngga males, Insyaallah akan saya bahas Google NLP ini.

Intinya buatlah konten yang fresh.

Apakah konten kamu isinya sudah sesuai dan membahasnya secara menyeluruh atau komprehensif?

Pertanyaan ini masih sangat relevan sekarang ini, karena pada praktiknya masih banyak konten yang isinya tidak sesuai dengan judul dan deskripsi, meskipun tidak sebanyak 3 atau 4 tahun yang lalu.

Biasanya terjadi pada konten yang search volumenya rendah.

Apakah konten kamu memberikan analisis yang mendalam atau hanya sekedar menarik tapi tidak bermutu?

Masih banyak kita jumpai konten dengan judul yang fantastis seolah-olah menjawab semua pertanyaan, tapi ketika diklik justru sebaliknya. Isinya alakadarnya dan tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Jika kamu masih melakukan hal ini, sebaiknya mulai tobat dan perbaiki konten yang sudah ada. Sebelum ikutan tenggelam. Soalnya hanya tinggal menunggu waktu saja.

Bukan asal copy-paste

Saya kasih tahu satu rahasia, sebenernya Google membolehkan konten kita hasil copy-paste. Tapi, ada tapinya.

Kamu harus memberikan value tambahan yang masih substantif dan original pastinya. Sekali lagi bukan C.P.E.D.

Apakah judul dan deskripsinya sudah informatif?

Jadi gini. Google itu, selain ‘mengharuskan’ membuat konten yang mendalam dan komprehensif dia juga pengen kalau judul dan deskripsinya berisi ringkasan yang informatif.

Bahkan nih ya, kalau bisa user itu ngga perlu masuk ke website kamu tapi pertanyaan mereka sudah terjawab. Piye jal? Percaya ngga?

Biasanya saya mengakali hal ini dengan menempatkan poin-poin yang orang cari di 500 karakter awal biasanya antara 1-2 paragraf awal, kadang juga 3 paragraf. Kemudian di sub-heading.

Judul tidak berlebihan atau justru lebay

Entah kenapa Google memasukkan poin ini pada update kali ini. Coba berikan opini kamu di kolom komentar.

Sudah terlihat profesional belum?

Sudah pasti Google tidak ingin mengikuti jejak Yahoo yang lalai menjaga ekosistemnya. Oleh karena itu, Google sangat ingin informasi yang diberikan ke user bisa dipertanggungjawabkan.

Sejak pertengahan 2017 kemarin sudah mulai terasa efeknya, terutama website-website yang main di ranah kesehatan. Gimana, apa kabarnya?

Kemudian mulai merambah ke sektor yang lain. Sekarang Google lebih mengedepankan website official dan website yang dikelola secara profesional.

Sebenarnya masih banyak lagi, tapi menurut saya beberapa poin di atas sudah mewakili semuanya. Intinya inti dari update algoritma Google 13 Januari kemarin.

Versi aslinya bisa baca penjelasan kang Danny Sullivan di artikel ini.

Demikian sedikit opini saya mengenai update algortima Google kemarin. Silahkan ramaikan kolom komentar untuk berdiskusi atau menambahkan opini. Thanks, have a nice day and stay handsome like me.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.